Nendyan Saimima

A little girl. A Student. A Woman

Kamis, 28 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke-2

Nama : Nendyan Graes
Kelas : 1EB 18
NPM : 29210515

1. Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi !
Harus mempunyai modal.
Harus mempunyai tenaga kerja.
Harus mempunyai ide metode yang kreatif.

2. Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh riil perusahaan berdasarkan letak/tempat !
Lokasi/letak perusahaan terikat pada alam.
Lokasi/letak perusahaan berdasarkan sejarah.
Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pemerintah.
Lokasi/letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi.
Lokasi/letak perusahaan berdasarkan pergaulan hubungan/pergaulan internasional.

3. Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yang menjadi tujuan perusahaan !
- Tujuan Ekonomi : Laba-Pelanggan-Pengembangan kebutuhan masyarakat dalam hal produk-
kualitas,harga,kuantitas,waktu pelayanan kegunaan-Inovatif berkesinambungan
- Tujuan Sosial : Keinginan investor,karyawan,penyedia faktor-faktor produksi dan masyarakat.

4. Jelaskan apa yang dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan !
- Lingkungan Internal : Memiliki 2 variabel,yakni kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness).
mencakup semua unsur bisnis yang ada di dalam suatu perusahaan seperti struktur oganisasi perusahaan, budaya perusahaan dan sumber daya perusahaan.
- Lingkungan Eksternal : Memiliki 2 variabel,yakni peluang (opportunity) dan ancaman (threats).
mencakup 2 bagian,yaitu lingkungan tugas dan tugas umum.


5. Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaimana pengaruhnya pada sebuah
perusahaan !
- Ekologi : Pencemaran udara,air,sampah.
- Ekonomi : Urbanisasi,pertambahan penduduk,pajak.
- Sosial : Kriminalitas.
- Politik : Pertahanan keamanan hukum keputusan dan transaksi perusahaan
- Hukum : keputusan dan transaksi perusahaan

6. Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach !
- Producer Oriented Approach : Produsen yang berorientasi pendekatan,maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
- Consumer Oriented Approach : Konsumen yang berorientasi pendekatan,maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen dari pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar